Telur Putih Hanya Milik Itik Bali


Blogger Templates Gallery

Oleh: I Dewa Gede Alit Udayana
Staf pengajar Fapet Universitas Udayana, tinggal di Bangli, Bali

Bisa dipastikan adanya percampuran dengan jenis non-Bali apabila kedapatan telur berwarna hijau kebiruan


Keunikan itik Bali dibandingkan itik-itik asli Indonesia lainnya adalah telurnya yang berwarna putih bersih. Apapun warna bulu induknya, tak pandang bulu putih, sikep (hitam), gule (coklat tua), sumi (warna khaki, seperti jerami padi kering), sumbian (mirip sumi tetapi lebih gelap karena adanya bercak-bercak hitam sepanjang helai-helai bulu) ataupun mores (campuran). Bisa dipastikan adanya percampuran dengan jenis non-Bali apabila kedapatan telurnya berwarna hijau kebiruan.


Sudah sejak tiga dasawarsa yang lalu, itik Bali sudah dibuktikan memiliki tingkat produktivitas yang tinggi. Sebuah penelitian oleh para peneliti dari Fakultas Peternakan Universitas Udayana menunjukkan fakta tersebut. Riset dilakukan dengan membandingkan 3 varian itik Bali yang berbeda: sumi, sumbian dan sikep.


Hasilnya membuktikan itik jenis sumi adalah yang paling produktif dibandingkan warna lain (lihat Box). Kesimpulan ini selaras dengan pengalaman peternak di lapangan yang menunjukkan itik dengan warna bulu mirip warna jerami padi kering ini paling rajin bertelur.
Tak ayal, di pasaran sebagai petelur itik Bali warna sumi menempati urutan satu dalam harga jual. Kendati demikian, kadangkala jenis ini masih kalah mahal dengan yang warna putih polos dan berjambul (crested). Pasalnya itik putih dengan gaya jambul ini diperuntukkan bagi kelengkapan upacara keagamaan yang sangat khusus, sehingga harganya selangit.

Mirip Penguin
Itik Bali mempunyai sosok yang khas. Tubuhnya yang hampir berdiri tegak (± 800), terutama saat berjalan, menjadikannya dapat julukan “itik penguin”. Nyaris juga mirip botol sehingga dijuluki sebagai indische loopend (loopend = botol).


Jantannya mempunyai tubuh lebih besar, dengan warna bulu lebih mengkilap dibandingkan yang betina. Serta, masih yang jantan, beberapa helai bulu ekornya melingkar ke atas seperti spiral. Selain itu, ciri yang tak dimiliki itik betinanya, jantan bersuara sengau. Sehingga tidak terlalu sulit membedakan jantan dan betinanya.

TROBOS

0 komentar:

Posting Komentar

Copyright © 2008 - TDA Semarang - is proudly powered by Blogger
Smashing Magazine - Design Disease - Adiestudio - Dilectio Blogger Template | Gallery